MBS PLERET GELAR UJIAN TASMI AL QURAN BIL GHOIB

Tasmi’ Al Quran bil Ghoib menjadi salah satu dari rangkaian ujian pesantren yang harus ditempuh oleh santri tingkat akhir di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Pleret (MBS Pleret). Sabtu, 19 Maret 2022, seluruh santri tingkat akhir sebanyak 44 orang diuji hafalan Al Quran di hadapan asatidz penguji. Bahkan, Mudir MBS Pleret, Ustadz Kamiludin, M.Pd. ikut menguji langsung salah satu santri dengan hafalan terbanyak.

Ujian Tasmi’ Al Quran bil Ghoib ini menjadi wadah pembuktian keseriusan para santri dalam menghafal Al Quran selama di pondok. Ujian Tasmi’ ini dilakukan dengan cara memperdengarkan hafalan Al Quran yang mereka miliki di hadapan penguji dengan sekali duduk. Tidak hanya di hadapan para penguji, ujian Tasmi Al Quran bil Ghoib juga disaksikan oleh adik tingkat. Harapannya ujian Tasmi’ Al Quran bil Ghoib ini dapat menjadi gambaran sekaligus motivasi bagi adik tingkat untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menghafal Al Quran.

MBS Pleret sendiri memprogramkan minimal dalam 3 atau 6 tahun para santri mengantongi hafalan Al Quran setidaknya 3 atau 6 juz, namun MBS Pleret patut berbangga hati karena sebagian santrinya justru memiliki hafalan lebih dari yang diharapkan. Beberapa santri yang mendapatkan capaian hafalan terbanyak, di antaranya Arandiva Putra Adhi, santri berprestasi yang memiliki hafalan Al Quran sejumlah 9 juz, disusul Syafiq Rustiawanto (8 juz), Nur Azmi Rofiqoh (8 juz), dan Ribang Wahyu Nurrobi (6 juz).  [Sifa]

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email